Postingan

CONDITIONAL SENTENCE

Gambar
Pengertian   Conditional sentence   adalah conplex sentence (kalimat majemuk) yang dibentuk dari subordinate clause  yang diawali dengan subordinate conjunction if berupa condition (syarat) dan m ain caluse  berupa result/consequence (hasil). Atau sebuah kalimat dalam bahasa inggris yang digunakan untuk mengungkapkan keinginan, harapan, pengandaian, atau rencana mungkin data dan tidak dapat terwujud.  Rumus, Penggunaan Conditional Sentence Berbagai Tipe Conditional Sentence Type 0   digunakan ketika result/consequence (hasil) dari condition (syarat) selalu terwujud karena merupakan scientific fact (fakta ilmiah) atau general truth (kebenaran umum) yang merupakan habitual activity (kebiasaan). Rumus :     if + simple present , simple present Conditional Sentence Type 1   digunakan ketika result/consequence (hasil) dari condition (syarat) memiliki kemungkinan untuk terwujud di masa depan karena condition-nya realistik untuk dipen...

ONE DAY LEARNING ENGLISH FASTER

Gambar
Choosing which number for learning English Faster Reading a lot Vocabulary Listening a western music Writing all things with English Speaking English 100 %! Watching a movie Repeat an English many times! Grammar Translation Method : Sebuah metode yang paling lama ada di dunia pembelajaran sebuah bahasa asing. Indonesia sendiri, masih menggunakan metode GTM dari sejak pengajaran bahasa Inggris terjadi hingga saat ini. Apa sebenarnya GTM? Merupakan metode dimana grammar atau tata bahasa lebih ditekankan. Selain tata bahasa, juga terdapat translate atau alih bahasa yang paling sering digunakan untuk mengajarkan kosakata. Guru akan mengajarkan materi tentang tata bahasa menggunakan rumus, dan kemudian menggunakan alih bahasa ketika memberikan pengajaran membaca, menulis, serta kosakata dalam bahasa Inggris. Audio Lingual Method : Sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris dimana guru mempraktikkan sebuah dialog pendek yang satupun artinya belum dapat diterjemahkan oleh siswa. Guru memberika...

ENGLISH LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL

Gambar
Konsep Dasar : Pembelajaran Bahasa Inggris merupakan proses belajar secara realita yang bermakna, dimana siswa dapat secara langsung merangkai kata-kata serta menggunakannya untuk berinteraksi. Interaksi antar manusia dalam wujud tertentu sudah tidak dapat dibatasi oleh ruang dan waktu. Interaksi tersebut salah satunya dalam bentuk komunikasi. Komunikasi melalui media saat ini sudah menjadi suatu budaya. Media yang biasa digunakan adalah media audio, visual dan audio visual. Perkembangan mobilitas komunikasi dan informasi yang kian cepat memerlukan kesiapan semua pihak untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara lebih efektif. Pemanfaatan media komunikasi dan informasi tidak terlepas dari penggunaan bahasa. Menguasai bahasa menjadi tuntutan pertama jika kita ingin berkomunikasi dan mendapatkan informasi secara efektif. Bahasa Inggris adalah merupakan suatu keharusan agar kita dapat mengakses informasi dan berkomunikasi secara efektif dan efisien. Pengenalan bahasa semenjak dini ...

PENGUKURAN, PENGUJIAN, PENILAIAN, DAN EVALUASI

Gambar
Konsep dasar : Nilai pada dasarnya angka atau huruf yang melambangkan seberapa jauh atau seberapa besar kemampuan yang telah ditunjukkan oleh test terhadap materi yang sudah atau sedang diajarkan  (Anas, 2005) . Nilai pada dasarnya juga melambangkan penghargaan yang diberikan oleh guru kepada siswa atas jawaban betul/benar/sesuai/valid. Artinya makin banyak jumlah butir soal dapat dijawab dengan betul, maka penghargaan yang diberikan oleh guru kepada siswa akan semakin tinggi, dan sebaliknya, jika jumlah butir item yang dapat dijawab dengan betul itu hanya sedikit, maka penghargaan yang diberikan kepada siswa juga kecil atau rendah. (Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada). Penilaian kelas dilaksanakan melalui berbagai teknik/cara, seperti penilaian unjuk kerja (performance), penilaian sikap, penilaian tertulis (paper and pencil test), penilaian proyek, penilaian produk, penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya pesert...

LEARNING AND TEACHING AT DISTANCE (Foundations of Distance Education-SIXTH EDITION-Michael Simonson)

Gambar
I. Instructional Design for Distance Education  A. WHY PLAN FOR TEACHING AT A DISTANCE? Instruksional harus dipandang sebagai suatu sistem yang terhubung dengan; instruktur, peserta didik, materi, dan teknologi. Proses Instructional harus mempertimbangkan konten, sifat pelajar, metodologi proses pengajaran, dan sarana untuk menilai pengalaman belajar. Graham, Cagiltay, Lim, Craner, dan Duffy (2001) menawarkan tujuh pelajaran penting yang harus disiapkan dalam proses perencanaan instruksional online/daring/distance: a) instruktur harus memberikan pedoman yang jelas untuk interaksi dengan siswa, b) tugas diskusi yang dirancang dengan baik memfasilitasi kerja sama yang bermakna di antara siswa, c) siswa harus mempresentasikan proyek berbasis online, d) instruktur perlu memberikan dua jenis umpan balik: umpan balik informasi dan umpan balik pengakuan/penilaian, i) nstruksional harus selalu open akses setiap waktu, kapan dan dimanapun, f) tugas yang menantang berua proj...

ICT in School oleh Alexey Semenov, Moscow Institute of Open Education, Russian Federation :

Gambar
School of Tomorrow seen school for today ICT in Teaching Learning Hopes : Link below :  https://www.youtube.com/watch?v=RCYjN3b3smQ&t=247s Komunikasi lisan dua sisi (menjawab pertanyaan siswa dengan digital elektronik) Guru yang baik membutuhkan waktu dan ruang untuk menjawab pertanyaan siswa, mengangkat tangan, melihat melalui jendela, tersenyum, dan jenis lainnya perilaku verbal dan non-verbal, serta mendorong partisipasi mereka dalam kegiatan kelompok. Komponen manusia yang vital ini tidak dibuang dengan menggunakan TIK. Memang, kita harus berpikir tentang elemen peran guru sebagai dukungan atau diotomatisasi oleh TIK. Pada saat yang sama, TIK memungkinkan bentuk baru dari komunikasi guru-siswa. Seperti yang kita ketahui, email telah merevitalisasi penulisan surat, sementara pesan suara dan mesin penjawab terkadang membantu ketika ingin mengatakan sesuatu yang sulit dilakukan secara tatap muka. Teknologi ini memungkinkan visualisasi yang lebih jelas, dan me...

Elements of Blended Courses: A Tour-Jared Stein and Charles R. Graham

Gambar
I. Pertimbangan belajar dengan blended learning Seberapa seringkah guru dan siswa mengetahui tentang teknologi Seberapa waktu yang harus disapkan dalam belajar online Teori dan filsafat apa yang mendukung pembelajaran online Mode apa yang digunakan untuk pencapaian pembelajaran Teknologi yang terbatas, apakah bisa memaksimalkan pembelajaran Teknologi apa yang bisa mendukung pembelajaran Ritme belajar dengan blended learning Pembelajaran blended learning bisa dilakukan dengan pembukaan-akhir dalam situa pembelejaran onsite dengan 15 kali pertemuan (pertemuan tatap muka, belajar mandiri, latihan mandiri ujian tengah semester, penilaian akhir/evalasi). Pembelejaran blended learning bisa juga dilaksanakan dengan ritme per pertemuan/minggu dengan total 15 kali pertemuan (pertemuan tatap muka, belajar mandiri, latihan mandiri ujian tengah semester, penilaian akhir/evaluasi). Contoh materi yang dilaksanakan dengan Blended Learning : Pertemuan pertama tentu guru akan...