ONE DAY LEARNING ENGLISH FASTER




Choosing which number for learning English Faster
  1. Reading a lot Vocabulary
  2. Listening a western music
  3. Writing all things with English
  4. Speaking English 100 %!
  5. Watching a movie
  6. Repeat an English many times!
Grammar Translation Method :
  • Sebuah metode yang paling lama ada di dunia pembelajaran sebuah bahasa asing. Indonesia sendiri, masih menggunakan metode GTM dari sejak pengajaran bahasa Inggris terjadi hingga saat ini. Apa sebenarnya GTM?
  • Merupakan metode dimana grammar atau tata bahasa lebih ditekankan. Selain tata bahasa, juga terdapat translate atau alih bahasa yang paling sering digunakan untuk mengajarkan kosakata. Guru akan mengajarkan materi tentang tata bahasa menggunakan rumus, dan kemudian menggunakan alih bahasa ketika memberikan pengajaran membaca, menulis, serta kosakata dalam bahasa Inggris.
Audio Lingual Method :
  • Sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris dimana guru mempraktikkan sebuah dialog pendek yang satupun artinya belum dapat diterjemahkan oleh siswa. Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk mengikuti dialog tersebut dan siswa menebak maksud dialog dari mimik, pose dialog, dan beragam hal yang dipraktikkan oleh seorang guru.
  • Siswa diajak menghafal dialog yang bahkan mereka tidak mengetahui tulisan dan arti secara jelas. Mereka dipaksa berpikir untuk mengerti isi dialog dan menghafalnya dalam waktu singkat tanpa boleh membaca atau menulisnya. Setelah siswa menghafal, maka barulah mereka diberikan kata-kata yang ada di dalam dialog tersebut. Siswa membaca, kemudian mereka menulisnya.
Sillent Way : 
  • Metode yang menggunakan rods atau batang sebagai medianya. Rods mempunyai warna dan panjang yang berbeda. Dengan rods, seorang guru mengajarkan banyak hal terutama mengenai berbicara dan tata bahasa dalam bahasa Inggris.
  • Metode ini secara garis besar mempunyai konsep yang sama dengan audi lingual method. Siswa diajak untuk mendengar, berbicara, membaca, dan baru menulis. Ada satu hal menarik dimana siswa juga diajak untuk membangun sense atau inner criteria yang membuat mereka mampu mendeteksi serta memperbaiki diri apabila terdapat kesalahan dalam menggunakan bahasa Inggris.
Total Physical Respons : 
  • Awal mulanya guru melakukan beberapa pekerjaan misalnya berjalan, duduk, memegang telinga, menaruh penggaris, atau menulis. Namun sebelum guru melaksanakan semua pekerjaan tersebut, ia memerintah dirinya terlebih dahulu dengan instruksi bahasa Inggris.
  • Setelah beberapa kali pengulangan melalui perintah yang dilakukan dan dilaksanakan oleh dirinya sendiri, pada tahap selanjutnya guru memberikan perintah kepada siswa dengan perintah yang sama dengan dirinya tadi. Melalui perintah tersebut, siswa diharapkan mampu melaksanakan sesuai dengan perintah dan contoh yang tadi diberikan. Tentu saja, guru tidak melaksanakan perintah tersebut dan ia hanya memberikan koreksi.
Teknik Mengajar Vocabulary :
  1. Membaca : Bacalah buku-buku yang mengandung vocabulary yang mungkin akan sering Anda hadapi dalam sebuah tes atau yang sering Anda geluti dalam sebuah bidang pekerjaan.
  2. Identifikasi kata dasar (root) : Root (kata dasar) adalah bentuk dasar sebuah kata setelah segala macam bentuk imbuhan dihilangkan atau bentuk dasar sebuah kata yang belum dilekati oleh imbuhan apapun. Dengan menguasai root setiap kata akan memudahkan Anda untuk belajar dan menghafal vocabulary bahasa Inggris. Contohnya adalah kata “unlock”. Kata tersebut terdiri atas awalan un- (bermakna “tidak”) dan lock (bermakna “mengunci”) = unlock (tidak mengunci/membuka kunci).
  3. Gunakan kamus dan Thesaurus : Kamus adalah referensi berisi daftar kata sebuah bahasa yang tersusun secara alpabetis. Pilihlah kamus yang berisi vocabulary yang paling sesuai dengan tujuan awal Anda untuk belajar dan menghafal vocabulary; Thesaurus adalah sebuah referensi yang berisi sinonim dan antonim. 
  4. Mari bermain dengan word cards : Cara belajar vocabulary bahasa Inggris dan menghafalkannya bisa juga berupa permainan. Anda bisa bermain dengan memori Anda sendiri dengan menggunakan word cards. 
  5. Kuasai pengucapan yang benar (correct pronunciation) : Salah satu kendala yang membuat para pelajar kesulitan belajar vocabulary bahasa Inggris adalah ketidaktahuan mereka tentang cara pengucapan vocab tersebut. 
  6. Saatnya vokalisasi : Praktekkan setiap vocabulary baru yang Anda temukan. Kata “praktekkan” di sini mengindikasikan desakan kepada Anda untuk memprkatekkan vocabulary baru Anda secara integratif dalam sebuah kalimat, membiasakan membuat sendiri kalimat untuk setiap vocabulary yang Anda pelajari atau yang Anda hafalkan.
Tools and Medias for English Teaching :
  1. White Board : digunakan dalam cara yang sama seperti papan tulis untuk menulis atau menggambar.
  2. Poster : didefinisikan sebagai representasi grafis dari beberapa daya tarik emosional yang kuat yang dilakukan melalui kombinasi bantu grafis seperti gambar, kartun huruf-huruf dan seni visual lainnya pada plakat. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan pesan tertentu, mengajar hal tertentu, memberikan gambaran umum dll.
  3. Flashcards : kartu kecil dengan gambar atau simbol pada mereka digunakan baik dalam mengajar dan dalam pekerjaan pembangunan. Di dalam kelas, flashcards biasanya digunakan untuk mengajar “Vocabulary” atau “Reading”.

Komentar

  1. Trimakasih pak atas ilmunya, disini ada beberapa trik dalam pembelajaran yang menarik untuk saya terapkan, penggunaan media dan mencontohkan suatu printah untuk mendapatkan pemahaman pada peserta didik yang dalam paparan diatas

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah terimakasih materinya sangat menarik sekali..
    Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris dapat dilakukan dengan menggunakan metode yang menarik apalagi di kelas rendah bisa menggunakan kartu gambar , vidio atau praktik langsung oleh guru dan murid. Anak tidak langsung diberikan materi atau langsung membaca atau menulis tetapi akan lebih menarik apabila pembelajaran bahasa inggris dilakukan dengan cara mendengarkan sebuah lagu atau vidio lucu yang berbahasa inggris, karena dengan adanya wujud langsung dari benda yang disebutkan misalnya maka anak akan lebih mudah memahaminya daripada anak harus membaca tanpa gambar lalu suruh menghafal maka itu akan sangat membuat cepat bosan dan jenuh, jadi metode yang bisa digunakan dalam pembelajaram bahasa inggris yang menarik yaitu belajar dengan bermain tapi esensi dari materi bisa tercapai kepada anak didik.
    Artika Kurniasari 18.0405.0009

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah terimakasih materinya sangat menarik sekali..
    Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris dapat dilakukan dengan menggunakan metode yang menarik apalagi di kelas rendah bisa menggunakan kartu gambar , vidio atau praktik langsung oleh guru dan murid. Anak tidak langsung diberikan materi atau langsung membaca atau menulis tetapi akan lebih menarik apabila pembelajaran bahasa inggris dilakukan dengan cara mendengarkan sebuah lagu atau vidio lucu yang berbahasa inggris, karena dengan adanya wujud langsung dari benda yang disebutkan misalnya maka anak akan lebih mudah memahaminya daripada anak harus membaca tanpa gambar lalu suruh menghafal maka itu akan sangat membuat cepat bosan dan jenuh, jadi metode yang bisa digunakan dalam pembelajaram bahasa inggris yang menarik yaitu belajar dengan bermain tapi esensi dari materi bisa tercapai kepada anak didik.
    Artika Kurniasari 18.0405.0009

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah...sangat bagus Pak materinya
    Dengan beberapa metode yg sudah dijelaskan di atas kita sebagai guru dan calon guru tentu akan lebih mudah mengajarkan bhs Inggris kepada anak dan tentunya dengan kreativitas guru bagaimana akan mengolah metode tersebut agar anak tetap tertarik dan tidak mudah bosan.
    Banyak bahasa yang sepertinya saling berhubungan, dan menggunakan perbendaharaan kata yang sama. Misalnya bahasa Indonesia, yang kata-katanya sangat mirip dengan bahasa-bahasa lain.
    Itu berarti, dengan belajar bahasa Inggris, bukan cuma pengetahuan yang nambah, tapi juga kemampuan dan pemahaman. Kita jadi tahu cara mempelajari, menguasai, dan menggunakan bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris itu sebenarnya bukan sekedar kata-kata untuk di translate, tapi juga di mengerti dan di maknai.

    BalasHapus
  5. Terimakasih sangat bermanfaat,
    Sangat membantu dalam belajar bahasa inggris agar lebih cepat misalnnya terbiasa mendengarkan lagu dalam bahasa inggris maka yang mendengarkan lagu itu akan hafal lirik lagunnya jadi ia dapat mencari arti dari lagu karena penasaran jadi tanpa disadari akan banyak kosa kata yang ia ketahui, bisa juga dengan menonton film berbahasa inggris walaupun ia tidak mengetahui artinya akan tetapi ia dapat mengerti dari gerakan dan aktivitas yang dilakukan dalam bahasa inggris dengan begitu ia akan lebih cepat belajar. Kemudian dapat pula dengan menulis dan berbicara bahasa inggris dan lama kelamaan akan terbiasa dengan bahasa inggris jadi belajarnnya bisa dengan cara yang menarik dan menyenagkan. Guru juga dapat mengajarkan siswannya dengan berbagai cara menggunakan permainan permainan yang dapat membantu mengingat bahasa inggris. Biasannya kendala dalam belajar bahasa inggris adalah cara mengucapkan kata dalam bahasa inggris itu jadi kita dapat mencari tahu cara pengucapan yang benar kemuadian mempraktikkannya.
    Sulastri 18.0405.0006

    BalasHapus
  6. terimakasih penjelasannya sangat luar biasa. memang jika kita mengikuti semua apa yang sudah dijelaskan bahwa kita akan bisa one day learning english faster melalui proses demi proses insyallah kita pasti bisa. dan dalam anak mi itu dalam pembelajaran bahasa inggris mereka inginnya yang menyenangkan dan juga yang tidak mudah jenuh. dan juga dalam penjelasan tersebut ternyata banyak metode dalam pengajaran bahasa inggris.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah,, terimakasih Pak ilmunya. Sangat menarik materinya banyak pilihan yg bisa diterapkan utk mengajarkan bhs inggris kepada peserta didik, tp utk siswa tingkat MI lebih menyenangkan dan menjadi mudah belajar bhs inggris dg berbagai permainan, melalui lagu, ataupun video singkat dan menarik utk peserta didik. Istiqomah 1804050001

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCE

PASSIVE VOICE

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN