MENGAPA SISTEM PEMBELAJARAN SANGAT DIPERLUKAN?

 


Pengertian 
  1. Sistem merupakan satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar jika sudah tersedia RPP (yang didalamnya sudha ada strategi, metode, pendekatan, model pembalajaran), sillabus, administrasi kelas, administrasi siswa dan guru, pustakawan, laboran, penjaga kantin, kurikulum (isi/materi pelajaran), sumber belajar (buku, foto, CD), dan alat evaluasi pembelajaran.
  2. Sistem pembelajaran adalah suatu kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas perlengkapan, dan mekanisme yang berinteraksi untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
  3. Seorang yang bertugas sebagai pelaksana sistem pembelajaran disebut desainer, yang kewajibannya yaitu 1) sebagai perencana, mengorganiasikan semua unsur yang ada agar berfungsi dengan baik, 2) sebagai pengelola implementasi sesuai yang telah direncanakan, 3) sebagai pengevaluasi dengan mengukur ketercapaian  tujuan pembelajaran.
Manfaat :
  1. Merencanakan tujuan yang jelas dengan langkah-langkah pembelajaran dan pengembangan komponen sehingga dapat dijadikan kriteira efektfitas.
  2. Merencanakan kegiatan secara sistematis/berpikir runtut.
  3. Merancang pembelajaran dengan mengoptimalkan segala pontensi dan sumber daya yang tersedia.
  4. Memberikan umpan balik, misalnya dapat diketahui komponen apa yang belum tercapai dan komponen apa yang perlu diperbaiki.
Komponen Sistem Pembelajaran:
  1. Siswa : harus dijadikan pusat segala kegiatan, sehingga keputusan yang diambil harus disesuaikan dengan kemampuan dasar, minat dan bakat, motivasi belajar, dan gaya belajar siswa.
  2. Bertujuan : melatih siswa mempunyai keahlian khusus sesuai minat dan bakat.
  3. Kondisi : mendorong siswa belajar aktif secara fisik dan nonfisik.
  4. Sumber-sumber belajar : berkaitan dengan segala sarana-prasanan yang memungkinkan siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang meliputi bahan dan alat belajar yang berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung untuk mendukung keberhasilan  pengalaman belajar. 

Komentar

  1. Dalam penjelasan KONSEP DESAIN DAN SISTEM PEMBELAJARAN ini sangat bermanfaat,sebagai calon seorang guru jadi kita paham bagaiman cara yang baik untuk mengoptimalkan pembelajaran agar tidak rancu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, Setujukah jikalau seorang pendidik di sebut sebagai Desainer Pembelajaran?

      Hapus
    2. Setuju pak,karena seorang guru memang di tuntut untuk memiliki kemampuan dalam Desain pembelajaran,supaya alur dalam pembelajaran tertata rapi.

      Hapus

  2. KONSEP DESAIN DAN SISTEM PEMBELAJARAN sangant bagus dan bermanfaat bagi para pendidik khususnya pada masa saat ini, sebagai calon pendidik harus memahami dan mengerti betul tentang konsep tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana pendapat mb Pramudita mengenai desain pembelajaran di masa pandemik covid-19? sudah sesuaikan dengan harapan peserta didik dan orang tua?

      Hapus
    2. Untuk desain pembelajaran pada masa pandemi saat ini harusnya pendidikan memberikan pembelajaran dengan penjelasan melalu vide dengan keterangan yang mudah dipahami oleh peserta didik dan memberikan pelatihan kepada siswa agar lebih paham dengan pembelajaran yang diberikan. Untuk saat ini belum semua guru menerapkan seperti itu contohnya guru dari adik saya hanya memberi soal, guru tidak menjelaskan Pembelajaran namun murid diminta untuk memahami sendiri menurut saya itu tidak efektif

      Hapus
  3. Untuk komponen sistem pembelajaran itu sendiri terdiri dari 4 poin yg ada di atas ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas tito, kenapa tidak menyebutkan pendidik dll, dan peserta didik menjadi No. 1 karena dalam sistem pendidikan peserta didik menjadi subjek komponen dalam pembelajaran, dan pendidik bertanggung jawab terhadap hasil belajar peserta didik,..

      Hapus
  4. Terima Kasih banyak pak ahwy materi yang sangta bermanfaat, saya sangat setuju dengan Konsep Desain dan Sistem Pembelajaran, karena dengan begitu kita sebagai pendidik akan lebih mudah dan tertib dalam melaksanakan KBM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb Amilia,. apa yang menjadi fokus mb Aulia, jikalau proses pembelajaran menjadi tidak sesuai harapan?

      Hapus
    2. yang akan menjadi fokus apabila proses pembelajaran tidak sesuai harapan adalah memberbaiki sistem pembelajaran yang ada

      Hapus
  5. Materi konsep desain pembelajaran sangat bermanfaat utuk para calon pendidik dalam mengaplikasikan pada kegiatn belajar mengajar agar didapatkan hasil yang optimal pada peserta didik

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisakah mb Aulia mengurutkan apa yang harus disiapkan jika seorang pendidik harus melakukan proses pengajaran dikelas,..?

      Hapus
    2. menyiapkan materi yang akan disampaikan, menentkan tujuan pembelajaran, menentukan metode yang sesuai untuk menyampaikan materi,

      Hapus
  6. Bagaimana jika RPP yang telah dibuat itu berjalan tidak sesuai perencanaan Pak? Apakah kemungkinan akan berantakan Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan bagus,.. RPP hanya bukti administrasi bagi guru sebagai desainer yang diharapkan mampu menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan prosedur RPP, namun jikalau tidak sesuai maka guru harus melakuakn desain plan A dan ke Plan B,. karena tidak semua metode dan startegi sesuai dengan gaya dan karakteristik belajarpeserta didik,.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCE

PASSIVE VOICE

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN