THE HISTORY OF ENGLISH LANGUAGE



Defined Language : 
  1. Dalam bahasa Indonesia adalah bahasa, dalam bahasa arab Lughat, dalam bahasa Inggris language, dalam bahasa prancis langue, dalam bahasa belanda taal, dalam bahasa jerman spraceh, dalam bahasa jepang kakugo, dalam bahasa sangsekerta bhasa.
  2. Bahasa adalah perkataan yang diucapkan atau ditulis/kumpulan kata-kata dan kaidah-kaidah atau peraturan-peraturan/alat atau sistem yang digunakan untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaaan.
  3. Dalam bukunya Introduction to languistic science, E.H. Strutevan, mendefinikan bahasa adalah “a sistem of arbitary, vocal, symbol which permit all people in a given culture, or other people who have learned the sistem of culture to communicate or interact".
  4. Arbitary simbol adalah lambang yang tidak mempunyai hubungan mutlak atau perhubungan sewajarnya dengan realitas. Misalnya flower (Inggris), kembang (Jawa), puspa (sansekerta), hana (jepang), dei bume (Jerman), la fleur (prancis), dan az-zahra (arab).
Language Function : 
  1. Digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar untuk mencapai maksud dan kepentingan dalam rangka aktualisasi diri.
  2. Digunakan untuk menyakinkan orang lain atau mempengaruhi sekelompok orang, atau masyrakat melalui forum diskusi formal, pertukaran pkiran, karya-karya ilmiah.
  3. Digunakan alat komunikasi seseorang sehingga menjadi media penghubung dan pemersatu antar suatu bangsa.
  4. Digunakan sebagaisatu lambang agama. Bahasa ibrani menjadi publikasi agama Yahudi, vahasa latin menjadi propaganda bagi agama Katholik Roma, bahasa Ingris menjadi proaganda bagi kebanyakan Kriten Protestan, bahasa Yunani dan Slavia menjadi alat misi bagi gereja-gereja kristen Timur. Bahasa Sangsekerta menjadi alat bagi agama Budha dan Hindu, bahasa arab sebagai penyampai dakwah bagi Umat islam.
  5. Digunakan sebagai pendukung utama dan mutlak bagi seluruh pengetahuan manusia.
  6. Digunakan sebagai landasan yang asasi bagi semua bentuk kerja sama atar manusia, karena tandap bahasa sebuah peradaban tidka mungkin dapat dikembangkan.
  7. Digunakan sebagai senjata bagi gerakan subversive unutk mempropagandakan kepentingan kelompok yang bersangkutan, misalnya digunakn unutk memprovokasi kekuatan lawan.
Language Influence :
  1. Sosial : menurut pandangan para sosiolog, hijrahnya/perpindahan kehidupan sekelompok dari sautu tempat ke tempat alin dan bercampur baurnya golonga pendatang baru dengan penduduk pribumi (sadar artau tidak sadar) menciptakan bentuk baru bagi interaksi kebahasaan. Mislanya hijrahnya bangsa Arab ke Syam, Irak, mesir dan maroko setelah tersyiarnya agama Islam ke beragai daerah merupakan prisiwa yang teramat penting dalam sejaran peradaban bahasa Arab. Sehingga bahasa arab menjadi bahasa resmi di beberapa negara Islam yang meliputi Asia dan Eropa. Perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi yang ditulis dalam bentuk manuscript berbahasa inggris, membuat negara Rusia mengangkat martabat bahasa rusia sendiri untuk menjadi starting point untuk pengembangn ilmu pengetahuan.
  2. Agama : faktor ini menyebabkan bahasa Ibrani masih bertahan sebagai bahasa yang dibaca dan dipeljari lebih dari dua puluh abad meskipun semata-mata dalam konteks religiusitas, bahasa Yunani menggunakan bahasa ibrani dalam batasan tertentu karena bahasa tersebut tercantum dalam perjanjian lama. Bahasa arab digunakan sebagai bahasa ritual dan digunakan dalam kitab suci Al-qur’an dan pemersatu bagi umat islam sedangkan dalam kehidupan sehari bahasa arab juga disajikan dengan kata shalat, zakat, halal, hajj, dzikir, takwa, iman, sakinah, dan doa.
  3. Politik : sistem perpolitikan dalam suatu negara memiliki pengaruh yang cukup signifikan tehadap kelahiran dan meluasnya peran sebuah bahasa. Bangsa-bangsa penjajah (imperalis kolonialis) seperti prancis, Inggris, Spanyol, Portugis, Italia, dan Belanda (dengan semanagt gold, gospel, dan glory)
Language Innovation : 
  • Sejak kepemimpinan Ratu Elizabeth I, penguasaan bahasa Inggris betul-betul dipelajari mulai dari saudagar, prajurit, dan masyarakat. Semua komponen masyarakat diharuskan untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar. Bahkan, pada masa kekuasaan Victoria, dengan banganya ia memproklamirkan keberhasilan ini dengan hiperbolastik yang sangat terkenal : matajari tidak pernah terbenam dari Inggris Raya.
  • Kosakata bahasa Inggris yang diambil dari bahasa Itali : Isolate, umbrella, piano, opera, tempo, extravaganza, lava, spaghetti, bahasa spanyol : armada, cargo, matador, vanilla, bahasa protugis : banana, coco, bahasa arab : gazalle, mosque, lute, sultan, bahasabelanda : bamboo, bahasa rusia, bridge, bahasa India,: Jungle, bahasa australia : boomerang, kanggoroo, dari bahasa amerika serikat : cance, potato, tobacco.
Reality of English Leraning :
Proses pengajaran bahasa secara real tidak dapat disebut “guru” yang dalam prosesnya tidak dapat disebut “mengajar” bahasa. Ini menunukan bahwa “belajar” atau “mengetahui bahasa” tidak selalu, bahkan tidak melibatkan “proses Pengajaran”. Namun sarana yang digunakan dalam pengajaran bahasa adalah : 1) keperluan belajar atau memperoleh bahasa sistem komunikasi, 2) tersedianya contoh atau “model” komunikasi.

Three knowledge included :
  1. Ilmu linguistik : memberikan infromasi kepada kita tentang bahasa secara umum dan bahasa-bahasa tertentu.
  2. Ilmu psikologi : menguraikan bagaimana orang belajar sesuatu
  3. Ilmu pendidikan (pedagogi) memungkinkan seseorang bisa meramu semua keterangan itu menjadi satu cara atau metode yang sesuai untuk digunakan dikelas sehingga memudahkan proses belajar mengajar bahasa oleh pelajar
Language Problematic :
  1. Ketika seorang anak, dalam proses belajar di sekolah harus mempelajari suatu bahasa asing, sebenarnya, ia menghadapi maslah yang sama yaitu; tahap pengenalan, pendengaran, pengucapan.
  2. Tahap yang ditempuh dalam wujud yang berbeda, misalnya, perbedaan dalam segi suara, kosakata, tata-kalimat, dan tulisan.
  3. Seorang guru bahasa inggris seharunya menaruh perhatian dan mencurahkan perhatianya kepada perbedaan karena para pelajar banyak membuat kesalahan yang berkaitan dengan perbedaan bahasa asing dengan bahasa ibu, maka solusi yang dilakukan adalah dengan melakukan seleksi materi pelajaran, urutan, dan cara penyajiannya. Langkah ini unutk menghindari timbulnya kesa bahasa Inggris sulit untuk dipelajari.
  4. Pembelajaran bahasa Inggris di indonesia sudah berabad-abad, tetapi aspek tata bunyi sebagai dasar unutk mencapai kemahiran menyimak (listening) dan berbicara speaking) kurang mendapat perhatian dan fokus yang memadai. Ini terjadi karena tujuan pembelajaran bahasa inggris dirahkan pada satu pelajar yang mampu memahami bahasa tulisan yang terdapat pada buku bahasa inggris, pengertian bahasa banyak didasarkan pada metode gramatika-terjemah yang menekankan pada kaidah tata bahasa dan penerjemahan kata demi kata (harfiah), akibat dari penerapan holistik0integratif sehingga merupakan titik kelemahan yang sangat fatal.
  5. Sulit dibantah kalau perbedaan sosio-budaya bangsa Inggris berbeda jauh dengan Indonesia.
  6. Perbedaan ungkapan-ungkapan istilah-istilah dan nama benda yang kemudian muncul ungkapan-ungkapan dan nama-nama yang tidak terdapat dalam bahasa indonesia dan tidak mudah dipahami dalam bahasa Inggris.

Komentar

  1. Bahasa merupakan sebuah alat yang mempunyai fungsi utama yaitu untuk dapat berkomumikasi dengan yang lain. Bahasa sangat beragam dari mulai bahasa indonesia, bahasa prancis, bahasa arab, hingga bahasa inggris. Mempelajari bahasa tidaklah mudah apalagi kalau itu merupakan bahasa asing, perlu pengenalan dan penyesuaian dalam mempelajarinya. Untuk itu sebagai seorang pendidik ketika kita mendidik anak tentang cara mengenal bahasa maka kita harus tepat dalam menyampaikan tahapan materi tidak hanya fokus pada menghafal kosa kata saja tetapi anak bisa dilatih untuk mengucapkan kosa kata tersebut dengan baik dan benar supaya kedepanya anak tidak salah paham.
    Artika Kurniasari 18.0405.0009

    BalasHapus
  2. Bahasa merupakan sebuah alat yang mempunyai fungsi utama yaitu untuk dapat berkomumikasi dengan yang lain. Bahasa sangat beragam dari mulai bahasa indonesia, bahasa prancis, bahasa arab, hingga bahasa inggris. Mempelajari bahasa tidaklah mudah apalagi kalau itu merupakan bahasa asing, perlu pengenalan dan penyesuaian dalam mempelajarinya. Untuk itu sebagai seorang pendidik ketika kita mendidik anak tentang cara mengenal bahasa maka kita harus tepat dalam menyampaikan tahapan materi tidak hanya fokus pada menghafal kosa kata saja tetapi anak bisa dilatih untuk mengucapkan kosa kata tersebut dengan baik dan benar supaya kedepanya anak tidak salah paham.
    Artika Kurniasari 18.0405.0009

    BalasHapus
  3. ilmunya luar biasa pak..
    fungsi dari bahasa sungguh komplek sekali.

    dalam setiap behasa ada problemnya dan problem tersebut yang akan menjadi tantangan bagaimana caranya untuk menyelesaikan problem tersebut menjadi sebuah solusi bagi pembelajaran bahasa terutama bahasa inggris.

    BalasHapus
  4. Terimakasih sangat bermanfaat.....dengan mengetahui banyaknya fungsi bahasa akan membuat orang mau mempelajari bahasa dengan sungguh sungguh, termasuk dalam belajar bahasa inggris. Jika sudah mengetahui manfaat dari belajar bahasa inggris, misalnya peserta didik akan lebih semangat untuk mempelajarinnya tanpa rasa terpaksa untuk belajar. Bahkan apabila seorang anak didik mengetahui banyaknya fungsi bahasa ia akan mempelajari bahasa inggris tanpa disuruh. Sebagai guru seharusnya memperkenalkan kegunaan bahasa inggris kepada muridnya. Dengan tetap memberikan pengajaran yang menarik dan tidak membosankan dalam pembelajarn bahasa inggris. Guru harus mampu memberikan motivasi kepada peserta didik. Dengan melatih dengan penuh kesabaran sehingga peserta didik mampu dengan percaya diri melafalkan perkataan bahasa inggris. Sehingga anak didik pada sekolah dasar mempunyai ketrampilan tersendiri dalam berbahasa inggris yang akan bermanfaat pada pendidikan lebih lanjut.
    Sulastri 18.0405.0006

    BalasHapus
  5. terimakasihh untuk ilmunya hari ini.. bahasa memang hal yang utama yang digunakan dalam kehidupan sehar-hari, dan bahasa itu mempunyai fungsi yang banyak juga

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah...terima kasih Pak ilmu mu nya sangat bermanfaat bagi kami calon guru dan para guru
    Dimulai dari sejarah kemudian fungsi dll sangat bagus...
    Sebagai alat komunikasi, tentunya kita harus mencermati bahwa pada prakteknya, guru guru bahasa Inggris di SD memiliki kemampuan minim dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak. Mungkin hal ini disebabkan oleh kemampuan pengajaran bahasa Inggris belum memenuhi standar. Hal ini menjadi hal yang dimaklumi ketika pembelajaran bahasa Inggris di kelas menjadi tidak menarik, monoton dan mungkin terlalu membebani bagi anak-anak dengan pengajaran struktur. Anak2 begitu kesulitan apabila berhadapan dengan teks yg penuh dengan gramatika dan kosa kata yg belum tentu mereka kuasai. Salah satu hal yg mudah, yg bisa dilakukan oleh guru bahasa Inggris adalah dengan membiasakan diri menggunakan kalimat komunikasi sederhana dalam tatap muka, baik dengan teman ataupun siswa siswi di kelas. Tentu tidak sulit apabila guru-guru memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dibarengi dengan kreativitas yang memadai dengan model pembelajaran yang menyenangkan. Semua dalam rangka pembiasaan.

    BalasHapus
  7. terimakasih pak. menambah wawasan saya tentang bahasa inggris.
    ada sedikit yang saya tanyakan. apakah di bahasa inggris dari awal terbentuk sampai sekarang juga ada fase perubahan" ejaan kata. seperti di Indonesia contohnya dulu ejaan "oe" sekarang jadi "u".

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCE

PASSIVE VOICE

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN