MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

Pengertian : 

Gerlach dan Ely media adalah “ A medium, conceived is any person, material or event that establishs condition which enable the lerner to acquire knowledge, skill, and at titude.” Menurut Gerlach secara umum media itu meliputi orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Jadi dalam pengertian ini media bukan hanya perantara seperti T V, radio, slide, bahan cetakan, tetapi meliputi orang atau manusia sebagai sumber belajar atau kegiatan semacam diskusi, seminar, karyawisata, simulasi, dan lain sebagainya yang dikondisikan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, mengubah sikap siswa, atau untuk menambah keterampilan. (Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan, Kencana, Jakarta, 2007. hal 171)

Klasifikasi media dan sumber belajar :
  1. Pesan yang merupakan informasi yang disampaikan oleh komponen yang lain, biasanya berupa ide, makna, dan fakta. Berkaitan dengan konteks pembelajaran, pesan ini terkait dengan isi bidang studi dan akan dikelola dan direkonstruksikan kembali oleh pebelaj ar. Orang: orang tertentu yang terlibat dalam penyimpanan dan atau penyaluran pesan;
  2. Bahan yang merupakan kelompok alat yang sering disebut dengan perangkat lunak. Dalam hal ini bahan berfungsi menyimpan pesan sebelum disalurkan dengan menggunakan alat yang telah dirancang. Bahan yaitu segala sesuatu yang berupa teks tertulis, cetak, rekaman elektronik, web, dan Iain-Iain yang dapat digunakan untuk belajar. (Seels, Barbara B dan Richey, R.C., Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field, Washington, DC: AECT, 1994.Stronge, Jameshal,Qualities of Effective Teacher,Virginia: USCD, 2006).
  3. Alat yang merupakan alat yang sering disebut perangkat keras. Berkaitan dengan alat ini dipergunakan untuk mengeluarkan pesan yang tersimpan dalam bahan. Alat juga merupakan benda-benda yang berbentuk fisik yang sering disebut dengan perangkat keras, yang berfungsi untuk menyajikanbahan pembelajaran. Sumber belajar tersebut, seperti komputer, OHP, kamera, radio, televisi, film bingkai, tape recorder, dan VCD/DVD; 
  4. Teknik yang merupakan prosedur baku atau pedoman langkah- langkah dalam penyampaian pesan. Dalam hal ini dapat dengan kata lain, teknik adalah cara atau prosedur yang digunakan orang dalam kegiatan pembelajaran untuk tercapai tujuan pembelajaran; dan 
  5. Latar yang merupakan lingkungan di mana pesan ditransmisikan. Lingkungan adalah tempat di mana saja seseorang dapat melakukan belajar atau proses perubahan tingkah laku maka dikategorikan sebagai sumber belajar, misalnya perpustakaan, pasar, museum, sungai, gunung, tempat pembuangan sampah, kolam ikan dan lain sebagainya. (Butcher, Designing Learning: From Module Outline to Effective Teaching, Oxford : Routledge, 2006, hal. 132 -133).
Jenis media dan sumber belajar dalam satuan pendidikan :
  1. Orang, bentuk sumber belajar : tenaga pengajar mata pelajaran, teman sejawat, dan laboran,
  2. Pesan bentuk sumber belajar:Ide, fakta, makna yang terkait dengan isi bidang studi atau mata kuliah,
  3. Bahan bentuk sumber belajar: buku, hasil pekerjaan mahasiswa, papan, peta, globe, film (non TV), gambar-gambar, diagram, majalah, jurnal, dan surat surat kabar,
  4. Latar bentuk sumber belajar:perpustakaan, laboratorium, dan taman kampus,
  5. Teknik bentuk sumber belajar:ceramah bervariasi, diskusi, pembelajaran terprogram, pembelajaran individual, pembelajaran kelompok, simulasi, permainan, studi eksplorasi, studi lapangan, tanya jawab, pemberian tugas.
  6. Alat bentuk sumber belajar: komputer, LCD,radio, tape recorder, televisi, OHP dan kamera. (Jameshal. Stronge, Qualities of Effective Teacher , Virginia: USCD, 2006, hal, 103-105).
Pertimbangan penggunaan media dan sumber belajar : 
  1. Kesesuaian sumber belajar dengan tujuan; sumber belajar hendaknya dipilih berdasarkan tujuan apa yang akan dicapai dengan memperguna kan sumber belajar tersebut. Ada beberapa kemungkinan tujuan penggunaan sumber belajar, antara lain untuk menimbulkan motivasi, memberikan informasi, mempermudah pemecahan masalah, dan untuk menguasai keterampilan tertentu,
  2. Ekonomis; pemilihan sumber h endaknya mempertimbangkan tingkat kemurahan. Murah tidak berarti selalu harganya rendah. Misalnya mengundang nara sumber (pakar) dari kota lain untuk memberi ceramah meskipun biayanya tinggi, akan tetapi lebih murah dari pada mengajak semua mahasiswa berkunjung ke tempat nara sumber tersebut,
  3. Praktis dan sederhana. Sumber belajar praktis artinya mudah digunakan dan sederhana artinya tidak memerlukan berbagai perlengkapan yang canggih atau kompleks, dan
  4. Mudah diperoleh. Sumber belajar yang baik adalah yang mudah diperoleh baik karena dekat jarak antara tempat sumber belajar dengan pemakai, tetapi juga jumlah sumber belajar yang ada cukup banyak. (John Macbeath dan Peter Mortimore, Improving School Effective . Alih Bahasa Nin Bakdi Sumanto Jakarta: Grasindo, 2001, hal. 85–86).
Let's watch the technology in future :



"Enjoy watching"

Komentar

  1. Alhamdulillah sangat menambah wawasan. Karena yg sy ketahui itu media pembelajaran hanya guru itu sendiri, laptop, LCD, ternyata ada berbagai macam jenis dan media ini sangat berguna karena membantu guru dalam menyampaikan pbelajaran. Lebih menarik pastinya dan juga akan menimbulkan kesan bagi siswa sehingga pembelajaran mudah diingat. Istiqomah (1804050001)

    BalasHapus
  2. Dari penjabaran di atas dapat di simpulkan bhwa begitu lengkap cara untuk menyampaikan pembelajaran baik dari model dan media,, namun tugas yg sangat berat menanti, yaitu belajar untuk menerapkan

    BalasHapus
  3. Ternyata banyaj sekali yg bisa kita pergunakan sebagi penunjang pembeljaran. Terimakasih pak. Membantu sekali untuk kedepan bisa diterapkan di madrasah kita masing"

    BalasHapus
  4. Menurut pendapat saya bahwa media dan sumber belajar merupakan sesuatu yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses pembelajaran. Media tersebut dipersiapan guna mempermudah dan menunjang anak dalam prosen pembelajaran supaya lebih menarik dan mudah dipahami. Dengan media yang bervariasi anak akan lebih tertarik untuk memperhatikan materi yang disampaikan oleh gurunya. Mengenai sumber belajar itu juga termasuk hal yang penting dalam proses pemebelajaran. Sumber belajar sebenarnya tidak harus dari lingkungan sekolah tapi belajar bisa didapat di manapun dengan siapapun dan dari manapun. Untuk menambah wawasan kita tentang ilmu yang kita peroleh maka hendaknya belajar tidak hanya terpatok pada satu sumber tapi akan lebih baik dari banyak sumber supaya ilmu yang kita dapat dapat berkembang dan pengetahuan kita jadi luas.
    Artika Kurniasari 18.0405.0009

    BalasHapus
  5. Media mempunyai manfaat dan fungsi sebagai sarana bagi guru untuk dapat menyampaikan materi pelajaran menjadi lebih menarik, tidak hanya monoton, siswa tidak hanya diajak untuk berhayal dan membayangkan saja tetapi siswa dapat melihat kenyataan walaupun hanya melalui gambar ataupun video.

    BalasHapus
  6. Menurut pendapat saya bahwa media dan sumber belajar merupakan sesuatu yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses pembelajaran. Media tersebut dipersiapan guna mempermudah dan menunjang anak dalam prosen pembelajaran supaya lebih menarik dan mudah dipahami. Dengan media yang bervariasi anak akan lebih tertarik untuk memperhatikan materi yang disampaikan oleh gurunya. Mengenai sumber belajar itu juga termasuk hal yang penting dalam proses pemebelajaran. Sumber belajar sebenarnya tidak harus dari lingkungan sekolah tapi belajar bisa didapat di manapun dengan siapapun dan dari manapun. Untuk menambah wawasan kita tentang ilmu yang kita peroleh maka hendaknya belajar tidak hanya terpatok pada satu sumber tapi akan lebih baik dari banyak sumber supaya ilmu yang kita dapat dapat berkembang dan pengetahuan kita jadi luas.
    Artika Kurniasari 18.0405.0009

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat ilmunya , sangat lengkap sekali. Namun jika menengok pendidikan sekarang Terlebih lagi dengan sumber belajar yg tidak pasti sebagai patokan yg berubah" sehingga mempersulit penyesuaian

    BalasHapus

  8. Dalam proses belajar mengajar banyak sekali kendala yang dialami selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, sehingga tujuan pembelajaran tidak bisa tercapai secara maksimal. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, maka guru harus mengatasi kendala-kendala tersebut. Salah satu caranya dengan penggunaan media pembelajaran.

    Setiap mata pelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi, ada bahan pelajaran yang tidak memerlukan alat bantu, tetapi ada bahan pelajaran yang sangat sulit sehingga memerlukan alat bantu, karena memiliki tingkat kesukaran yang tinggi yang sulit diproses dan dicerna oleh siswa. Siswa juga akan merasa bosan dan kelelahan jika dalam proses belajar mengajar guru dalam memberikan penjelasan tidak fokus pada masalah yg dituju.
    Media pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar akan membantu guru memperkaya wawasan siswa. Aneka macam bentuk dan jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi siswa.
    Dalam penggunaan media pembelajaran ini juga guru harus memperhatikan media yg digunakan apakah bahan yg digunakan aman atau tidak untuk anak2, layak atau tidak dan yg terpenting bahan tersebut mudah di dapat dan sederhana. Misalnya kita menggunakan bahan dari barang2 bekas untuk membuatnya selain lebih hemat dan murah kita juga bisa memberikan pelajaran bagi anak untuk memanfaatkan barang2 yg masih layak untuk dipakai. Ketika anak2 ingin membuatnya pun akan jauh lebih mudah.

    BalasHapus
  9. Terimakasih sangat bermanfaat..., sebagai seorang guru hendaknya selalu menggunakan media pengajaran. Media pembelajaran ini dimaksudkan agar siswa lebih berkonsentrasi pada isi pembelajaran dan menarik perhatian siswa sehingga termotivasi dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik akan mempermudah pemahaman siswa dalam memahami setiap pembelajaran, bagi guru sendiri juga banyak manfaat menggunakan media pembelajaran sendiri jadi guru tidak hanya berceramah tetapi menggunakan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, sehingga pesan yang disampaikan guru akan lebih mudah diterima siswa. Jadi dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai pembelajaran tidak akan membosankan.
    Sulastri (18.0405.0006)

    BalasHapus
  10. alhamdulillah menambah ilmunya.. Media dan sumber belajar itu ternyata ada banyak sekali.. Terkait dengan media juga banyak tidak hanya tv,radio, surat kabar dan lain lain tetapi masih banyak juga. terkait dengan sumber belajar memang banyak tidak hanya guru saja.. tetapi sumber belajar itu hampir semua orang dan dimanapun kita berada pasti kita akan mendapatkan ilmunya.. dengan adanya media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi agat peserta didik tidak mudah bosan disamping itu media belajar juga bermanfaat bagi peserta didik yaitu dapat mempermudah untuk menerima pembelajaran dan juga mereka akan merasa senanga.. sebelum menggunakan media pembelajan kita harus paham terlebih dahulu dengan tujuan yang ingin dicapai dan peserta didik paham dengan pembelajaram tersebut.

    BalasHapus
  11. ternyata kelima sumber media atau alat itu saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan.

    sebagai seorang guru harus mampu menyediakan sumber dan alat belajar bagi anak, biar materi yang disampaikan mengena.

    BalasHapus
  12. Bagaimana kita menjadi media dan sumber ilmu yang mudah untuk diterima dalam pembelajaran?
    Lailatun Nissa Issholikhah_19.0405.0002

    BalasHapus
    Balasan
    1. media dan sumber belajar sesuai yang dijelaskan bahwa semua benda baik person ataupun no person yang bisa dijadikan atau memberikan pengethauan sehingga kemudahan dalam proses pembelajaran bisa berlangsung secara cepat dan mudah dipahami oleh peserta didik

      Hapus
  13. Alhamdulillah, ilmu yang sangat bermanfaat sekali pak, sebagai guru sudah seharusnya kita mengetahui apa saja itu media sumber belajar. Selain mengetahui, kita juga seharusnya jauh-jauh hari telah mempersiapkan media dalam pembelajaran untuk mendukung dan membantu kita dalam proses kegiatan mengajar. Dan tentu saja dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang tengah disampaikan.
    Farida Uswatun Khasanah
    19.0405.0009

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mb farida,. pembelajaran abad 21 mengajar guru lebih kreatif karena peserta didik sekarang lebih cenderung berpikir operasional konkrit sehingga hal yang bersifat abstrak yang tidak diimbangi dengan media maka secara otomatis akan mengurangi minat belajar peserta didik

      Hapus
  14. Materinya yang sangat menarik dan bermanfaat untuk kami pak.. media dan sumber belajar salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan belajar mengajar, tapi memang betul media dan sumber belajar tetap harus memperhatikan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran, media dan sumber belajar yang ekonomis, praktis dan sederhana dan tidak kalah pentingnya adalah mudah di dapat.. Terimakasih Ilmunya pak (Khoirun Nisa, 19.0405.0011)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCE

PASSIVE VOICE

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN