MAU TAHU SITUS BELAJAR ONLINE !!, COBAH DEH KLIK BLOG INI.





1.      Wikipedia (Website Pendidikan)

Bagi pada cendikiawan (guru, dosen, siswa, mahasiwa, peneliti), bisa memanfaatkan website wikipedia sebagai sarana membaca banyak hal tetang definisi dan bisa membantu menyelesaikan berpersepsi seorang yang senang dengan diskusi konsep definisi.


Add caption

2.      Ruang Guru (Belajar Online)

Ruang Guru sudah menjadi kebutuhan bagi para pelajar Indonesia karena sudah dibuktikan, banyak orangtua yang memberikan dukungan tambahan belajar bagi anak-anaknya melalaui situs online, kontens materi yang diajarkanpun bisa dipertanggungjawabkan untuk siswa meraih prestasi. Prinsipnya tidak ada siswa yang dianggap bodoh tapi terdakang pemanfaatan mobile online yang sering disalahmanfaatkan untuk bermain games. Situs ruangguru hadir untuk memberikan pendampingan solusi bagi teman-teman pelajar yang kesulitan belajar di kelas dan bisa sambil me-review ulang materi yang disampaikan disekolah lewat belajar online dengan ruangguru



3.      Duolingo (duolingo.com)


Tidak ada kata SULIT untuk belajar banyak tentang bahasa kedua (bahasa Inggris, franci, Itali, Jepang, dan alain-lain) situs web duolingo menjadi pendamping kita untuk belajar kosa kata dalam bahasa dunia. Duolingo adalah salah satu website terbaik yang bisa menyajdikan dan membantu kita dalam menyelesaikan persoalan SULIT BELAJAR BAHASA. Ayo segera kita manfaatkan untuk lebih paham, siapa tahu punya ekspektasi belajar ke negera-negara yang menjadi idola.
(https://www.duolingo.com/)


4.      Kelas Kita (layaknya kelas kita)


Sebuah terobosan yang sangat bagus pada website kelaskita. Kelaskita merupakan portal pendidikan yang menyediakan berbagai kursus yang bisa diikuti pengunjung. Berbagai materi pembelajaran hingga materi pengetahuan umum bisa guru dapatkan disini, sehingga bisa menjadi tambahan modal mengajar di kelas dan dapat menjawab pertanyaan siswa yang sering keluar dari materi/buku ajar guru. 


5.      Quipper (Ayo coba soal ujian kita)


Quipper adalah situs media pembelajaran berupa video interaktif langsung yang kontensnya bisa mendampingi teman-teman siswa SD/MI-SMA/MA/SMK untuk menghadapi UJIAN NASIONAL, tidak salah kalau kita bisa mencoba untuk intens dalam memahami materi-soal tersebut untuk lebih mendapatkan pengalaman dalam menyelesaikan tugas sekolah.


6.      Google Books (Situs Buku Bacaan Online)


Pendidikan dulu dan sekarang sangat jauh perubahannya, dulu siswa ke sekolah membawa beban tas yang berat hingga 5 kg dan ketika mereka kehujanan hingga korban baju seragam dan buku didalam tas basah dan harus dikeringkan pada hari itu juga. Sekarang, di era digital, buku bisa di konfersi ke softcopy (e-book). Melalui situs Google Books ini kita bisa mencari beragam jenis buku. Google Books layaknya perpustakaan besar yang siap untuk dibaca kapan saja dan dimana saja.(https://books.google.co.id/?hl=id)



7.      Goodreads (Situs Review dan Baca Buku Online)


Situs Goodreads adalah hasil review lengkap tentang buku mulai dari synopsis buku-buku bagus, sehingga pembaca bisa langsung membaca dengan scanning buku dan mengetahui langsung resume buku yang akan dibaca. Menariknya, kita juga bisa membaca buku yang kita inginkan secara penuh melalui tautan dan menjadi member Goodreads.


8. Library Geneses (reference free book pdf)

Bagi para mahasiswa, peneliti atau akademika yang membutuhkan referensi tambahan buku yang harganya mahal atau tidak diterbitkan lagi maka bisa menggunakan situs ini sebagai bahan pencarian reference, namun kadang lucky-unlucky untuk menemukan reference yang kamu inginkan. 


9.      Free e-book (project Gutenberg)

Bagi kawan-kawan yang mencari free book juga bisa menggunakan situs ini untuk melengkapi kajian teori dalam disertasi, tesis, atau pun skripsi, pokokny tinggal search dan buka bukunya, lengkap banget.


10.      Perpusatakaan nasional (reference buku lokal keindonesiaan)

Bagi kawan yang malas berhadapan dengan buku hardcopy atau tidak punya waktu unutk berkunjung ke perpustakaan nasional di Jakarta (waduh jauh banget ya)hehehe, kita juga bisa akses secara dekat untuk melengkapi karya tulisan kita, boleh juga dicoba...



11.      Terjemahan Bahasa Inggris

Bagi kawan-kawan yang merasa kesulitan dalam menterjemahnkan kosa- kata dalam bahasa inggris atau ribet bawa kamus hardcopy yang begitu beratnya, situs ini juga akan membantu kita dalam mempermudah belajar bahasa inggris,. Yuk di coba yuk.


12.      Ide Guru (Media belajar online KEMENAG)

Bagi para guru Madrasah atau tenaga kependidikan yang ingin belajar banyak tentang perkembangan lmu bidang kemadrasahan bisa juga digunakan situs ini sebagai situ tambahan menjadi guru madrasah yang professional. 


13.         Rumah belajar  (Media belajar online Kemdikbud)


Situs rumahbelajar sebenarnya adalah situs yang sangat bagus dan resmi dikalangan kita, rumahbelajar milik Kemendikbud menyediakan sumber belajar mulai dari buku sekolah elektronik (BSE), bank latihan soal, kegiatan laboratorium online, media visual peta budaya Indonesia, simulasi penjelajahan angkasa, materi panduan pengembangan keprofesian berkelanjutan, hingga kegiatan belajar kelompok online. boleh juga unutk dicoba sebagai bahan bagi guru dalam mempersiapkan proses belajar mengajar. go kemendikbud !





14.      Zenius  (Belajar anak jaman NOW)


Zenius Education adalah situs yang sederatan dengan ruang guru yang menyediakan berbagai materi pembelajaran mulai dari tingkat SD hingga SMA. Sehingga siswa dalam meng-akses bisa leluasa dengan androidnya, manfaatnyapun begitu bagus untuk mendukung proses persiapan bagi siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional, Semangat kawan-kawan..
(https://www.zenius.net/)

Komentar

  1. Sumber belajar online yg dsajikan dlm tulisan ini sdh ckup lngkap..dan kbnyakan msh brkaitan dgn pelajaran sekolah. Mngkin prlu ditambahkan situs bljar online utk ktrampilan lain, misal desain grafis bsa di lihat di ilmugrafis.com atau udemy.
    Jika dilihat di internet sbnrnya sdh byak sumber belajar online dgn msg2 bidang yg ditawarkan, baik yg gratis maupun berbayar. Kemendikbud jga menwarkan situs bljar online (rumah belajar) gratis tetapi sprtinya kurang diminati, org tua lbh memilih ruangguru dan zenius yg berbayar karena mngkin fasilitasnya lbh lengkap. Ini mnjadi kritik bagi pengelola Rumah Belajar untuk meningkatkan fasilitasnya, bgaimanapun jg mmbyar d ruang guru atau zenius bgi kbanyakan orang tua lumayan mahal.
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kang DAVIE, masukannya yang luar biasa, mudah2an kita bisa memberikan banyak informasi tentang situs web link belajar online kapda kawan2 kita yang sedang belajar di jama 4.0 menuju 5.0.

      Hapus
  2. Informatif bahasannya, akan lebih baik jika di blogspot ditambahkan tag atau keyword sehingga ketika org search blogspot ini akan muncul postingan ini. Go ahead mas ahwy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke terimaksih mb aisah masukannya,.. insyallah bermanfaat untuk kepentingan pembelajaran berbasis online

      Hapus
  3. Bermanfaat bari para akademisi ataupun para masyarakat yang tengah menempuh program pendidikan. Hal ini disesuaikan era industri 4.0 yang tengah mempersiapkan diri pada era 5.0 bahwa segala aktifitas tidak dapat dihindari dari peran teknologi, sekalipun sumber belajar yang digunakan. Alangkah baiknya bila dipilah berdasarkan kebutuhan pasar (dosen, mahasiswa, anak sekolah) seperti halnya ruang guru dan zenius lebih banyak dinikmati oleh para siswa siswi kita. Salam cendikiawan Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mb salsa masukanya,.. segera saya kerjakan untuk pemetaan link belajar berikutnya,..

      Hapus
  4. Sangat membantu dan bermanfaat bagi pendidik dan peserta didik dalam memanfaatkan sumber belajar online untuk meningkatkan proses pembelajaran. Bravo Pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih bu diana, komennya ini sangat membangun blog ini menjadi lebih baik

      Hapus
  5. Bismillah, dari segi kecukupan konten sangat baik, cuma judulnya kurang menarik, secara konstruk agak kurang imajinatif dan kreatif, hal ini ditunjukkan dari face atau tampilan dari konten-konten yang ditampilkan hanya menampilkan gambar ataupun menu dari penyedia layanan, mungkin perlu go a head. dari segi kriteria (educational technology) cukup inspiratif, hanya perlu didukung dengan memberikan sesuatu yang menonjol pada poin-poin penting, bisa dengan gambar, bisa dengan menebalkan kata ataupun kalimat. over all it's nice, terus berkarya pak, dan selalu bersemangat. Ganbate Kudasai !

    BalasHapus
    Balasan
    1. luar biasa masukannya,.. inspiratif sekali kontens masukannya.. terima kasih banyak,.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCE

PASSIVE VOICE

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN